script src='http://elmubarok.googlecode.com/files/floating1.js' type='text/javascript'/>

http://ikkibondenkkesmas.blogspot.com/2010/03/about-me.html

Kata Rasullullah ada tiga amalan yang jika dikerjakan maka Amalnya akan mengalir meskipun yang mengamalkannya telah meninggalal dunia diantaranya adalah ILMU BERMANFAAT YANG DIAJARKAN.

Monday 2 February 2009

DIARE YANG DISEBABKAN OLEH CYCLOSPORA

Postingan kali ini bersumber dari E-Book dengan Judul Manual Pemberantasan Penyakit Menular, by James Chin, MD, MPH Editor dan Dr, I Nyoman Kandun, MPH Edisi Ke 17 tahun 2000

DIARE YANG DISEBABKAN OLEH CYCLOSPORA ICD-10 A07.8

Diare ini disebabkan oleh protozoa koksidia yang baru ditemukan (Cyclospora cayetanensis). Gejala klinis yang timbul berupa diare cair (buang air lebih dari 6 kali perhari), mual, tidak nafsu makan, kejang abdomen, lelah dan penurunan berat badan, demam jarang terjadi. Median masa inkubasi sekitar 1 minggu. Cyclospora dapat masuk ke epitel usus halus dan menyebabkan enteritis. Diare pada orang yang imunokompeten bisa berlangsung lama tetapi dapat sembuh dengan sendirinya, menurut beberapa laporan berlangsung selama 9 – 43 hari; rata-rata lamanya organisme berkemnbang biak adalah 23 hari pada anak-anak Peru. Pada orang-orang dengan defisiensi sistem kekebalan, diare dapat berlangsung selama berbulan-bulan. Diare yang disebabkan oleh cyclospora ini juga dilaporkan terjadi pada orang-orang yang melancong ke Asia, Karibia, Meksiko dan Peru. Diare dapat berlangsung cukup lama.
Diagnosa dibuat dengan menemukan oocyst yang berukuran 8-9 mm, sekitar 2 kali ukuran Cryptosporidium parvum pada keadaan basah pada pemeriksaan mikroskopis fase kontras. Pewarnaan tahan asam yang telah dimodifikasi dapat dilakukan. Organisme akan berpendar dibawah iluminasi sinar ultra violet.
Penularan terutama melalui air, dan dapat terjadi baik melalui air minum maupun karena berenang di air yang terkontaminasi; namun KLB lintas negara pernah dilaporkan terjadi yang menimpa ribuan orang disebabkan oleh buah frambus yang diimport dari Guatemala. KLB ini terjadi selama 3 tahun berturut-turut pada akhir tahun 1990 an. Sumber penularan lain yang pernah dilaporkan adalah selada dan daun kemangi yang tercemar. KLB mempunya pola musiman, dan kasus terbanyak ditemukan pada bulan-bulan dengan suhu yang lebih hangat.
Cara bagaimana produk-produk makanan ini terkontaminasi pada waktu KLB tersebut terjadi tidak diketahui, antara lain karena cara yang dipakai untuk mendeteksi Cyclospora pada produk ini dan dari sample lingkungan lainnya tidak cukup sensitif untuk jumlah parasit yang sedikit. Produk-produk makanan ini sebaiknya dicuci dengan seksama sebelum di makan; namun cara ini tidak menghilangkan sama sekali risiko terkena Cyclospora. Jika ditemukan penderita diare kronis petugas kesehatan sebaiknya curiga akan kemungkinan infeksi Cyclospora, penderita hendaknya diminta untuk mengirimkan tinjanya sehingga dapat dilakukan pemeriksaan spesifik untuk menemukan parasit.
Cyclosporiasis dapat di obati dengan memberikan obat trimetroprim (TMP)-sulfametoksazol (SMX) per oral selama 7 hari (untuk orang dewasa, 160 mg TMP plus 800 gram SMX dua kali sehari; untuk anak-anak, 5 mg/kg TMP ditambah 25mg/kg SMX dua kali sehari). Pada penderita yang tidak diobati, penyakit ini dapat berlangsung dalam waktu yang lama, dengan gejala yang hilang timbul. Belum ditemukan regimen pengobatan untuk penderita yang tidak tahan terhadap sulfa.
Pada pertengahan tahun 1998, 5 negara bagian dan satu kotamadya di AS mewajibkan untuk melaporkan bila ditemukan penderita penyakit ini. Pada pertengahan tahun 1998, anggota dewan negara bagian dan pejabat epidemiologi setempat mengeluarkan resolusi yang merekomendasikan bahwa cyclosporiasis adalah penyakit yang harus di laporkan di seluruh negara bagian di AS. Dinegara bagian dimana mekanisme laporan resmi belum ada, dokter dan petugas laboratorium yang menemukan penderita cyclosporiasis yang tidak ada riwayat bepergian keluar Amerika Utara disarankan untuk melaporkan kepada instansi kesehatan setempat, baik tingkat propinsi, teritori atau kepada departemen kesehatan negara bagian. Di Kanada, yang dapat dihubungi adalah Bagian Surveilans Penyakit, Biro Penyakit Menular, Pusat Laboratorium untuk Pengendalian Penyakit, telpon (613) 941-1288; dan di AS, yang dapat dihubungi adalah CDC – Atlanta Divisi Penyakit Parasit, atau Pusat Penyakit Infeksi Nasional, telpon (770) 488-7760. 141



 

No comments:

Post a Comment