script src='http://elmubarok.googlecode.com/files/floating1.js' type='text/javascript'/>

http://ikkibondenkkesmas.blogspot.com/2010/03/about-me.html

Kata Rasullullah ada tiga amalan yang jika dikerjakan maka Amalnya akan mengalir meskipun yang mengamalkannya telah meninggalal dunia diantaranya adalah ILMU BERMANFAAT YANG DIAJARKAN.

Sunday 2 August 2009

Tanya Jawab Epidemiologi

1.    4 faktor yang mempengaruhi kesehatan menurut Hendrik L. Blum :
       a.    Lingkungan
       b.    Perilaku
       c.    Pelayanan kesehatan
       d.    Keturunan
2.    Segi tiga epidemiologi :
       a.    Host (pejamu)
       b.    Agent (penyebab penyakit)
       c.    Environment (lingkungan)
3.    Tujuan pembangunan kesehatan menuju indonesia sehat 2010 : yaitu  meningkatkan, kesadaran, kamauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesmas yang optimal melalui terciptanya masyarakat, bangsa dan negara indonesia yang di tandai oleh penduduk yang hidup dengan perilaku dan dalam lingkungan sehat memiliki kemampuan untuk menjangkau Yankes yang bermutu secara adil dan merata di seluruh wilayah RI.
4.    Sasaran pembangunan kesehatan menuju indonesia sehat 2010 : yaitu kerja sama lintas sektoral, kemandirian masyarakat dan kemitraan swasta, perilaku hidup sehat, upaya kesehatan, manajemen pembangunan kes dan derajat kesehatan.
5.    Strategi pembangunan kes menuju indonesia sehat 2010 : pembangunan nasional berwawasan kes, profesionalisme, JPKM dan desentralisasi.
6.    Validasi adalah sejauh mana alat ukur (pengukuran, tes, instrumen) mengukur apa yang memang sesunguhnya harus diukur (last 2001 & streiner 2000)
7.    Rehabilitasi adalah indeks yang menunjukan sejauh mana pengukuran individu-individu pada situasi- situasi yang berbeda, memberikan hasil yang sama (Streiner & Norman 2000)
8.    Jabatan adalah tugas pokok pada suatu organisasi pemerintah.
9.    4 upaya pencegahan menurut WHO :
       a.    Primodial prevention
       b.    Primary prevention
       c.    Sekundary prevention
       d.    Tertiary prevention
10.    Masyarakat adalah sekumpulan manusia dalam arti seluas-luasnya dan terikat oleh suatu kebudayaan yang mareka anggap sama.
11.    5 level pencegahan (prevention) level & clark :
          a.    Health promotion (promosi kesehatan)
          b.    Specific protection (perlindungan khusus)
          c.    Early diagnosis and promp treatmen (diagnosa dan pengobatan dini)
          d.    Disability limitation (pembatasan kecacatan)
          e.    Rehabilitation (pemulihan)
12.    Kesmas menurut Winslow yaitu ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang masa hidup dan meningkatkan kesehatan melalui usaha- usaha pengorganisasian masyarakat untuk: perbaikan sanitasi lingkungan, pembarantasan penyakit menular, pendidikan untuk kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan- pelayanan medis  dan perawatan untuk diagnosis dini dan pengobatan, pengembangan rekayasa social.
13.    Sehat menurut WHO adalah suatu keadaaan sejahtera dan sempurna dari fisik mental dan social yang tidak hanya terbatas pada bebas dari penyakit atau kelemahan saja.
14.    Sehat menurut  UU Kes No. 23 1993 adalah suatu keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi
15.    Sakit adalah rasa tidak nyaman di tubuh atau bagian tubuh karena menderita sesuatu (demam, sakit perut, dsb).
16.    Sakit adalah akibat dari kesalahan adaptasi terhadap lingkungan dan reaksi manusia dari sebelumnya.
17.    4 upaya pencegahan menurut tingkat penyakit:
         a.    Underlyng condition
         b.    Prepatogenesis
         c.    Patogenesis
         d.    Post patogenesis
18.    Manajemen adalah ilmu atau seni tentang bagaimana menggunakan sumber daya secara efisien, efektif dan rasional untuk mencapai tujuan organisasi yang telah di tetapkan sebelumnya (Muninjaya).
19.    Manajemen sebagai ilmu yaitu merupakan ilmu yang bersifat obyektif dan sistematis yang berdasarkan fakta- fakta atau kebenaran universal
20.    Manajemen sebagai seni berarti suatu hal dari pribadi yang inovatif dan kreatifitas dengan kemajuan keterampilan
21.    Administrasi adalah ilmu atau seni yang mempelajari kerja sama sekelompok orang dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan bersama (Muninjaya).
22.    Fungsi-fungsi manajemen menurut G.R Terry:
        a. Planning,
        b. Organizing,
       c. Actuating,
       d. Controling (POAC)
23.    Fungsi-fungsi manajemen menurut Henry fayol:
         a. Planning,
         b. Organizing,
         c. Commanding,
         d. Coordination,
         e. Controling (POCC).
24.    Unsur-unsur manajemen (Tool Of Manajemen) 6 M:
         a. Men,
         b. Money,
         c. Materials,
         d. Machines,
         e. Methode,
         f. Maeket.
25.    Kepemimpinan adalah kegiatan mempengaruhi orang lain yang bekerja keras dengan penuh kemampuan untuk tujuan kelompok (G.R Terry).
26.    3 Tipe kepemimpinan menurut Ronal dan Ralph k. White:
1. Oteriter,
2. Demokratis,
3. Liberal.
27.    Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama .
28.    3 Macam Organisasi :
(1). Organisasi lini: peran pimpinan sangat dominan,
(2). Organisasi staf : staf hanya sebatas memberikan nasehat dan masukan,
(3). Organisasi lini dan staf : staf tidak hanya sebatas memberikan nasehat tetapi juga diberi tanggung jawab melaksanakan kegiatan tertentu
29.    3 Unsur Organisasi :
(1). Manusia atau orang ,
(2) Ada proses pembagian kerja dan
 (3). Ada sistem kerja dan hubungan kerja
30.    Analisis SWOT adalah suatu kajian yang di lakukan terhadap suatu organisasi sehingga di peroleh suatu keterangan yang akurat tentang berbagai faktor :
a. S (Strength) : kekuatan,
b. W (Weaknesses) : kelemahan,
c. O (Opportunity) : kesempatan dan
d. T (Theart) : hambatan yang dihadapi oleh organisasi
31.    Prinsip manajemen kesehatan :
a. Effectiveness,
b. Effesiency,
c. Efficacy,
d. Equaty (penyamaratan),
e. Flexsible dan
f. Appro priatenes (kelayakan)
32.    Tenaga kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan dibidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan (PP 32-96)
33.    Jenis tenaga kesehatan :
a.    Tenaga medis
b.    Keperawatan
c.    Kefarmasian
d.    Kesmas
e.    Gizi
f.    Keterampilan fisik dan
g.    Keteknisan medis
34.    5 teori kebutuhan Abraham maslow:
1.    Kebutuhan fisiologi (phisiologis needs)
2.    Kebutuhan keamanan dan rasa aman (safety and security needs)
3.    Kebutuhan social (social needs) cinta
4.    Kebutuhan harga diri (esteem needs)
5.    Kebutuhan aktualisasi diri (self actualization needs)
35.    Sarjaana yaitu orang pandai Gelar strata satu yang telah menamatkan pendidikan tingkat terakhir pada perguruan tinggi
36.    Puskesmas adalah unit pelaksana teknis dinas kesehetan di suatu wilayah kerja. Terintegrasi kepada masyarakat sebagai usaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
37.    Puskesmas adalah unit pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatn pokok secara menyeluruh dan terintegrasi kepada masyarakat sebagai usaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.
38.    Tujuan puskesmas aadalah mengembangkan dan mendekatkan secara merata pelayanan kesehatan yang bersifat menyeluruh kepada masyarakat diwilayah kerjanya.

39.    Fungsi puskesmas :
1.    Pusat penggerakan pembangunan berwawasan kesehatan
2.    Pusat pemberdayaan masyarakat
3.    Pusat pelayanan strata pertama
40.    Upaya/ program kesehatan:
1.    Upaya kesehatan wajib ada 6:
a.    Upaya promkes
b.    Kesling
c.    KIA dan KB
d.    Perbaikan gizi keluarga
e.    P3M
f.    Pengobatan
2.    Upaya pengembangan ada 9:
a.    Upaya UKS
b.    Kes olah raga
c.    Perawatan kesmas
d.    Kesker
e.    Kes gigi dan mulut
f.    Kes jiwa
g.    Kes mata
h.    Kes usila
i.    Pembinaan pengobatan tradisional
41.    SPP yaitu statistical package for the social science
42.    Populasi yaitu keseluruhan obyek yang karakteristiknya akan di ukur
43.    Sampel adalah bagian yang di anggap mewakili populasi
44.    Hipotesis adalah jawaban sementara dari tujuan peneliti
45.    Masalah adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan
46.    Variabel adalah karaketristik subyek peneliti yang datanya bisa berbeda dari satu subyek ke subyek lainnya
47.    Variabel adalah atribut dari sekelompok orang atau obyek yang merupakan variasi atau satu dengan yang lainnya dalam kelompok itu. Variabel dibagi 2 yaitu:
a.    Independen: variabel bebas mempengaruhi kemunculan variabel terkait
b.    Dependen: variabel yang di pengaruhi, menerima dan menyesuaikan diri dengan kondisi variabel lain (bebas) terkait.
48.    Data adalah hasil pengukuran variabel

49.    Jenis alat ukur terdiri:
a.    Kuesioner/ceklis
b.    Instrumen
c.    Observasional
50.    Sumber data ada 3:
a.    Data primer: hasil pemeriksaan atau wawancara langsung
b.    Data sekunder: laporan bulanan puskesmas
c.    Data tertier: hasil publikasi badan-badan resmi, mis BPS
51.    Cara pengumpulan data ada 4:
a.    Wawancara
b.    Pemeriksaan
c.    Pengamatan (observasional)
d.    Peran serta (partisipasi)
52.    Cara pengolahan data ada 3:
a.    Manual
b.    Mekanikal
c.    Elektrikal
53.    Cara penyajian data ada 3:
a.    Secara tekstular (narasi/deskriptif)
b.    Tabulasi dan
c.    Grafik
54.    Random adalah bila semua anggota populasi mempunyai peluang yang sama untuk di pilih
55.    Macam-macam random:
a.    Simple (sederhana)
b.    Systematic (sistimatis)
c.    Stratified (stratifikasi)
d.    Cluster (kluster) dan
e.    Multi stage
56.    Non random adalah bila pemilihan anggota populasi berdasarkan pada pertimbangan peneliti.
57.    Macam- macam non random:
a.    Purpposif
b.    Aksidental
c.    Quota
d.    Spiral
58.    Epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang distribusi (penyebaran) , determinan (faktor-faktor penentu) dan frekuensi masalah kesmas yang bertujuan untuk pembuatan perencanaan dan pengambilan keputusan dalam menanggulangi masalah kesehatan yang terjadi di suatu wilayah.
59.    Jenis epidemologi
a.    Epid deskriptif menyangkut tentang bagaimana penyakit berubah menurut perubahan- perubahan variabel epidemiologi yang terdiri dari person, tempat (place) dan waktu (time).
Person menyangkut: jenis kelamin, umur, kelas sosial, pekerjaan, golongan, struktur kelurga dan paritas.
b.    Epid analitik
c.    Epid eksperimental
60.    Peran epid dibidang kesehatan masyarakat
1.    Mengidentifikasi faktor-faktor yang berperan dalam terjadinya penyakit atau masalah kesehatan dalam masyarakat
2.    Menyediakan data yang diperlukan untuk perencanaan kesehatan dan pengambilan keputusan
3.    Membantu melakukan evaluasi terhadap program kesehatan yang sedang atau telah di lakukan
4.    Mengembangkan metodologi untuk menganalisis keadaan suatu penyakit dalam upaya mengatasi atau menaggulangi
5.    Mengarahkan intervensi yang di perlukan untuk menaggulangi masalah kesehatan yang perlu di pecahkan
61.    Langkah-langkah umum dalam metode ilmiah mencakup :
1.    Memilih atau mengidentifikasi masalah
2.    Menetapkan tujuan penelitian
3.    Studi literatur
4.    Merumuskan hipotesis
5.    Merumuskan metode penelitian
6.    Pengumpulan data
7.    Mengelolah data
8.    Membuat laporan
62.    Penelitian kesehatan di golongkan menjadi 3 kelompok besar :
1.    Metode penelitian deskriftif
2.    Metode penelitian survei
3.    Metode penelitian eksperimen
63.    Five level (5 tingkat pencegahan ) TEORI Leavel and Clark
1.    Promosi kesehatan (healt promotion)
2.    Perlindungan khusus (specific protection)
3.    Diagnosis dini dan pengobatan segera (early diagnosis and promptreatment)
4.    Pembatasan kecatatan (disability limitation)
5.    Rehabilitasi
64.    Kegiatan masyarakat mencakup :
1.    Sanitasi lingkungan
2.    Pemberantasan penyakit
3.    Pendidikan kesehatan
4.    Manajemen
5.    Pelayanan kesehatan dan
6.    Pengembangan rekayasa sehat dalam rangka pemeliharaan kesehatan
65.    Kegiatan kesmas (winslow) mencakup:
1.    Perbaikan sanitasi lingkungan
2.    Pemberantasan penyakit
3.    Perbaikan kesehatan melalui manajemen kesehatan
4.    Pengembangan rekayasa sosial dalam rangka pemeliharaan kesmas
5.    Pendidikan untuk kebersihan perorangan
66.    Ilmu adalah segala sesuatu yang telah tercipta yang ada di sekitar manusia baik yang di ketahui dan telah tersusun secara sistematis maupunbelum diketahui.
67.    Ilmu (science) adalah bukan sekedar menjawab apa melainkan akan menjawab pertanyaan kenapa dan bagaimana atau mengapa sesuatu itu terjadi.
68.    Pengetahuan adalah apa yang mampu diketahui dan dipahami oleh manusia dari ilmu yang ada disekitarnya.
69.    Pengetahuan adalah hasil tahu dari manusia yang sekedar menjawab pertanyaan apa misalnya apa manusia dll.
70.    Pengetahuan dapat berkembang menjadi ilmu apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
a.    Mempunyai objek kajian
b.    Mempunyai metode pendekatan
c.    Di susun secara sistematis
d.    Bersifat universal
71.    Kerangka konsep yaitu daftar dari dasar penelitian yang akan diteliti.
72.    Insiden adalah penyakit terbaru dalam satu periode
73.    Cross sectional adalah suatu penelitian yang mempelajari dinamika korelasi antara faktor- faktor resiko dengan efek dengan cara observasi.
74.    Independen adalah variabel yang menjadi sebab timbulnya atau berubahnya variabel tidak terkait (dependen) atau variabel yaag mempengaruhi vaariabel antecenden.
75.    Metodologi penelitian adalah dasar kemampuan untuk melakukan penelitian dalam rangka menyusun skripsi (S1) thesis (S2) dan di sertai (S3) dan karya ilmiah lainnya
76.    Kriteria metode ilmiah:
a.    Berdasarkan fakta
b.    Bebas dari prasangka
c.    Menggunakan prinsip analisis
d.    Menggunakan hipotesis
e.    Menggunakan ukuran obyek
77.    Endemik adalah penyakit yang menetap disuatu daerah
78.    Pandemik adalah penyakit yang menyerang orang antar benua
79.    Epidemik adalah penyakit yang kejadiannya temporer
80.    Prevalensi adalah penyakit yang timbul dalam satu periode.






 

No comments:

Post a Comment