script src='http://elmubarok.googlecode.com/files/floating1.js' type='text/javascript'/>

http://ikkibondenkkesmas.blogspot.com/2010/03/about-me.html

Kata Rasullullah ada tiga amalan yang jika dikerjakan maka Amalnya akan mengalir meskipun yang mengamalkannya telah meninggalal dunia diantaranya adalah ILMU BERMANFAAT YANG DIAJARKAN.

Tuesday 9 February 2010

PENGAMBILAN KEPUTUSAN

A.Definisi Pengambilan keputusan
Pengambilan keputusan (Decision making) adalah melakukan penilaian dan menjatuhkan pilihan. Pengambilan keputusan merupakan suatu hal penting yang tidak bisa dihindarkan dalam kehidupan sehari-hari. Keputusan ini diambil setelah melalui beberapa perhitungan dan pertimbangan alternatif. Sebelum dijatuhkan, ada beberapa tahap yang mungkin akan dilalui oleh pembuat keputusan. Tahap tersebut bisa saja meliputi identifikasi masalah utama, menyusun alternatif yang akan dipilih dan sampai pada pengambilan keputusan yang terbaik.
Secara umum pengambilan keputusan telah dikemukakan oleh banyak
ahli, diantaranya adalah :
1. G. R. Terry mengemukakan bahwa pengambilan keputusan adalah sebagai pemilihan yang didasarkan kriteria tertentu atas dua atau lebih alternatif yang mungkin.
2. Claude. S. George. Jr, mengemukakan bahwa pengambilan keputusan itu dikerjakan oleh kebanyakan manajer berupa suatu kesadaran, kegiatan pemikiran yang termasuk pertimbangan, penilaian dan pemilihan diantara sejumlah alternatif.
3. Horold dan Cyril O, Donnell, mengemukakan bahwa pengambilan keputusan adalah pemilihan diantara alternatif mengenai suatu cara bertindak yaitu inti dari suatu perencanaan, suatu rencana tidak dapat dikatakan tidak ada keputusan, suatu sumber yang dapat dipercaya, petunjuk atau reputasi yang telah dibuat.
4. P. Siagian mengatakan, pengambilan keputusan adalah suatu pendekatan sistematis terhadap suatu masalah, pengumpulan fakta dan data, penelitian yang matang atas alternatif dan tindakan.
B. Fase pengambilan keputusan
   1. Aktifitas Intelegensia adalah proses kreatif untuk menemukan kondisi yang mengharuskan keputusan dipilih atau tidak.
   2. Aktifitas desain yaitu kegiatan yang mengemukakan konsep berdasar aktifitas desain meliputi : mengemukan cara-cara/metode, mengembangkan metode dan menganalisa tindakan yang dilakukan.
   3. Aktifitas pemilihan yaitu memilih dari satu sekian banyak alternatif dalam pengambilan keputusan yang ada. Pemilihan ini berdasar atas kriteria yang telah ditetapkan. Dari tiga aktifitas tersebut diatas dapat disimpulakan tahap pengambilan keputusan adalah :
      a. Mengidentifikasi masalah utama
      b. Menyusun alternatif
      c. Menganalisa alternatif
      d. Mengambil keputusan yang terbaik
C. Tehnik pengambilan keputusan
    1. Operational research / riset operasi yaitu penggunaan metode saintifik dalam analisa dan pemecahan persoalan.
    2. Liniear programming yaitu riset dengan rumus matematis
    3. Gaming war game yaitu teori penentu strategi
    4. Probability yaitu teori kemungkinan yang diterapkan pada kalkulasi rasional atas hal-hal tidak normal.(www.yahoo.com)
D. Proses pengambilan keputusan
Menurut G. R. Terry :
   1. Merumuskan problem yang dihadapi
   2. Menganalisa problem tersebut
   3. Menetapkan sejumlah alternatif
   4. Mengevaluasi alternatif
   5. Memilih alternatif keputusan yang akan dilaksanakan
Menurut Petter Ducher :
   a. Menetapkan masalah
   b. Menganalisa masalah
   c. Mengembangkan alternatif
   d. Mengambil keputusan yang tepat
   e. Mengambil keputusan menjadi tindakan


No comments:

Post a Comment